Cara Mengatasi Nyeri Haid secara Cepat dan Terbukti Efektif

By | January 31, 2018

Solusi Terbaik Masa Kini dalam Mengatasi Masalah Nyeri Haid yang Tidak Tertahankan secara Cepat dan Terbukti Aman

Nyeri Haid.- Pada umumnya, haid merupakan suatu aktifitas rutin wanita yang terjadi setiap bulan. Dan haid ini memang salah satu kondisi yang sangat normal dan menjadi kodrat nya seorang wanita pasti mengalaminya.

Namun, tidak sedikit wanita yang mengeluhkan dengan haid yang terjadi secara rutin itu, karena menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang bisa mengganggu aktifitas kesehariannya, bahkan ada sebagaian wanita yang mengalaminya sampai pingsan.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai MASALAH NYERI HAID serta dengan CARA MUDAH MENGATASINYA.

Nyeri Haid

Pada dasarnya, ada beberapa dokter kesehatan yang mengungkapkan bahwa nyeri yang dirasakan ketika haid itu bisa menjadi indikator adanya psuatu penyakit atau kondisi tertentu.

Nyeri haid itu umumnya memang dirasakan sebagian wanita pada awal masa menstruasi. Pada beberapa wanita, rasa sakit di bagian bawah perut ini tidak begitu terasa hingga tetap melakukan aktifitas seperti biasa.

Namun, sebagian lainnya banyak juga yang merasakan nyeri haid yang tidak tertahankan bahkan sampai tidak bisa melakukan aktifitas apapun, dan hanya bisa tiduran saja.

KONDISI YANG MENYEBABKAN NYERI HAID TIDAK TERTAHANKAN

Nyeri haid itu disebabkan oleh dinding otot rahim yang berkontraksi sehingga bisa menekan pembuluh darah di sekitarnya. Akibatnya, pasokan oksigen ke dalam rahim menjadi terhambat dan memicu munculnya rasa nyeri di bagian bawah perut.

Survei membuktikan bahwa 9 dari 10 wanita itu memang akan mengalami nyeri haid dan rasa tidak nyaman ketika hadi. Dan kondisi ini memang sangat umum terjadi. Rasa sakit atau nyeri yang muncul memiliki pengaruh yang berbeda pada setiap wanita.

Pada kondisi yang normal, memang sering terjadi kontraksi yang halus pada otot dinding rahim yang umumnya memang tidak terasa. Namun di masa haid, kontraksi ini bisa menjadi semakin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim ketika haid.

Kontraksi tersebut bisa menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri semakin buruk karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi. Selain itu, prostaglandin juga bisa memicu kondisi lainnya seperti diare, mual, tubuh lemas serta sakit kepala.

PENYAKIT TERTENTU YANG MENYEBABKAN NYERI HAID

Selain karena kondisi yang normal seperti yang sudah dikatakan diatas, nyeri haid juga bisa terjadi karena adanya beberapa kondisi penyakit tertentu yang diantaranya :

  • Adenomiosis >> Ialah jaringan lapisan paling dalam rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika haid.
  • Endometriosis >> Ini bisa terjadi dimana sel-sel yang menyelubungi rahim mulam tumbuh di luar rahim, seperti ovarium atau tuba falopi. Dan sel ini menyebabkan rasa sakit yang hebat ketika meluruh.
  • Fibroid >> Adanya tumor yang tidak bersifat kanker di dalam rahim.
  • Intrauterine device (IUD) >> Merupakan salah satu alat kontrasepsi yang ditempatkan dalam rahim ini terkadang bisa menyebabkan nyeri haid terutama di masa awal pemasangan.
  • Radang panggul >> Infeksi yang bisa mengakibatkan inflamasi para rahim, ovarium, dan tuba falopi.
  • Stenosis leher rahim >> Pembukaan pada leher rahim beberapa wanita sangat kecil sehingga membatasi aliran darah untuk keluar saat haid. Sehingga kondisi ini menyebabkan terjadinya tekanan pada rahim yang mengakibatkan rasa nyeri.

BERIKUT BEBERAPA CARA MENGATASI NYERI HAID SECARA MUDAH DAN TERBUKTI AMPUH

  • Berbaring atau tiduran

Ketika rasa nyeri muncul ketika haid, maka anda bisa merebahkan tubuh terlebih dahulu di kasur atau sofa. Dan biasanya rasa nyeri muncul pada bagian punggung sehingga dengan berbaring rasa nyeri akan sedikit berkurang.

Gunakanlah bantal di bawah lutut untuk menyangganya dan ambillan nafas panjang kemudian hempaskan. Lakukan langkah ini secara berulang sampai rasa nyeri yang anda alami mereda dan sudah terasa lebih nyaman.

  • Mengonsumsi makanan sehat

Karena berdasarkan dari beberapa penelitian. asam lemak omega 3, vitamin E, B6 dan B1, serta magnesium itu bisa mengurangi rasa nyeri haid.

Dengan begitu, maka anda bisa mengonsumsi sayuran dan buah, ikan, labu dan makanan lainnya yang mengandung banyak protein nabati.

  • Menghindari rokok dan juga minuman beralkohol

Itu karena, merokok dan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol bisa memperparah rasa nyeri yang dialami. Sehingga akan lebih baik lagi jika dihindari.

  • Melakukan olahraga secara teratur

Aktivitas sederhana atau olahraga yang ringan itu bisa mengurangi rasa nyeri ketika haid. Olahraga ringan yang bisa anda lakukan ialah seperti berjalan atau bersepeda.

Akan tetapi jangan memaksakan diri ketika tubuh memang tidak mampu melakukannya. Lakukan saja olahra yang ringan tapi dengan teratur yang membuat anda nyaman dan lebih membantu meringankan rasa nyeri.

  • Mengompres perut dengan botol hangat

Masukkan air hangat ke dalam botol, kemudian kompreskan botol tersebut pada daerah perut yang terasa nyeri. Cara ini akan membuat otot rileks dan otot-otot pun tidak menegang lagi. Sehingga rasa nyeri akan sedikit berkurang.

  • Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat ini di akui bisa membuat tubuh menjadi lebih santai dan juga terbukti mampu mengurangi rasa nyeri pada tubuh khususnya nyeri haid secara cepat.

  • Kegiatan relaksasi

Pijatan kecil di bagian perut bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul. Anda juga bisa melakukan pilates dan yoga untuk mengalihkan perhatian dari rasa nyeri haid.

Relaksasi ini perlu dilakukan untuk menenangkan pikiran dari beban atau masalah yang ada yang bisa menambah rasa nyeri pada perut.

  • Mengonsumsi jamu

Semua orang tentu suka yang namanya jamu, khususnya ibu-ibu yang sampai saat ini banyak yang mempercayakan kesehatannya pada obat tradisional sepeti jamu. Dan jamu juga bisa menghilangkan rasa nyeri haid.

Cara membuatnya sangatlah mudah yakni cukup menyiapkan kunyit dan air. Rebuslah kunyit yang sudh dihaluskan dengan sampai mendidih. Setelah itu tiriskan dan saring, kemudian bisa di campurkan gula. Lalu konsumsi secara teratur.

  • Melakukan konsultasi kepada dokter

Jika dengan cara diatas, tidak membuat rasa nyeri haid membaik, maka cara terakhir ialah harus melakukan konsultasi kepada dokter. Dan nantinya dokter akan memberikan solusi atau bisa mengetahui khawatirnya rasa nyeri haid yang dialami merupakan gejal dari adanya suatu penyakit rahim.

Itulah beberapa informasi mengenai Cara Mengatasi Nyeri Haid yang bisa anda lakukan yang kami lansir dari hariangadis.com . Semoga bisa bermanfaat ya. Selamat mencoba : ) #Terimakasih atas kunjungannya#

============================================================

WALATRA BERSIH WANITA KAPSUL ( BEWA-AR ) AMPUH MENGATASI DAN MENYEMBUHKAN MASALAH NYERI HAID SECARA ALAMI SAMPAI TUNTAS TANPA EFEK SAMPING

============================================================

UNTUK PEMESANAN WALATRA BERSIH WANITA KAPSUL ( BEWA-AR ) SILAHKAN KLIK GAMBAR DI BAWAH INI :

Simak juga :
Solusi Melancarkan Haid secara Alami paling Manjur
Ramuan Penuntas Keputihan yang Alami paling Ampuh

by: QnC Obat Gondok
Cara Mengatasi Nyeri Haid secara Cepat dan Terbukti Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *